Kenapa AC Mengeluarkan Air?

kenapa ac mengeluarkan air

kenapa ac mengeluarkan air

Kenapa AC Mengeluarkan Air? – Penyebab AC bocor dapat terjadi apabila AC lama tidak di-service. Penyebab AC bocor yang kerap terjadi yaitu kurang lebih 6 bulan sesudah pembelian dan setiap 3 bulan apabila tidak di-service. Oleh sebab itu, kebocoran pada AC merupakan hal yang lumrah terjadi.

Tetapi, Anda juga perlu memperhatikan apakah kebocoran tersebut termasuk sebuah masalah atau bukan. Sebenarnya, rembesan air yang keluar dari AC adalah hal yang normal. Namun, apabila air yang keluar terlalu banyak maka terdapat kemungkinan jika AC mengalami masalah.

Dengan begitu, Anda perlu memahami penyebab-penyebab AC bocor supaya tepat memilih penanganannya. Lalu, kenapa AC mengeluarkan air? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah agungkate.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Kenapa AC Mengeluarkan Air? Berikut Penyebab AC Mengeluarkan Air yang Perlu Anda Ketahui!

kenapa ac mengeluarkan air

Sumber: https://www.alliancecc.com.au

1. Keluar Air dari AC karena Proses

AC umumnya memang mengeluarkan air yang merupakan bagian dari proses kerja. Hal tersebut terjadi diakibatkan oleh proses alami di pipa yang artinya AC mengalami kondensasi yang disebabkan karena perbedaan suhu yang cukup tinggi di dalam pipa dengan suhu yang ada di luar.

Kondisi ini biasanya terjadi pada AC yang telah digunakan selama lebih dari 5 tahun, sebab pembungkus pipa (Armaflex) sudah tidak layak dipakai. Oleh sebab itu, pentingnya senantiasa melakukan maintenance pada AC secara rutin.

Metode mengatasi masalah ini tentu saja dengan mengganti armaflex atau pembungkus pipa dengan yang baru, serta perlu dipastikan memasangnya dengan benar dan terhindar dari celah.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Mati

Sumber: https://review.bukalapak.com

2. Saluran Pembuangan Air Tersumbat

Penyebab AC bocor juga dapat disebabkan tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan pada AC. Hal ini dapat saja diakibatkan karena adanya kotoran dan debu yang melekat di dalam AC.

Air tetesan dalam unit biasanya akan terbuang keluar ketika menyala melewati saluran pembuangan. Tetapi, apabila saluran pembuangan tersumbat kotoran atau penuh maka otomatis pembuangan air juga akan terhambat yang menyebabkan tetesan air keluar melalui unit indoor.

Langkah untuk mengatasinya, yaitu dengan membersihkan saluran pembuangan talang belakang. Caranya dengan melepas pipa sambungan di unit indoor supaya unit indoor dapat dilepaskan dari rangkaian instalasi. Sesudah unit indoor sudah berhasil dilepas, semprot talang pada pembuangan air hingga bersih dan semua kotoran keluar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerak di Setrika

kenapa ac mengeluarkan air

Sumber: https://review.bukalapak.com

3. Kemiringan AC Kurang Tepat atau Salah Instalasi

AC yang bocor juga dapat diakibatkan karena kesalahan instalasi pemasangan. Supaya air dapat mengalir ke luar menuju saluran pembuangan, AC biasanya dipasang agak miring ke arah luar bagian belakang.

Cara memasang yang tidak benar akan mengakibatkan air merembas dan menetes keluar mesin, sehingga menyebabkan kebocoran karena air tidak tersalurkan keluar menuju saluran pembuangan.

Cara mengatasinya tentu saja yaitu dengan melakukan instalasi ulang dengan metode membuka chasing unit, kemudian mengatur kembali kemiringannya yang sesuai agar air dapat menetes dan mengalir keluar melewati saluran pembuangan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mesin Cuci LG Turbo Drum

Sumber: http://vagusnet.com

4. Adanya Debu dan Kotoran

Penyebab AC bocor yang paling umum disebabkan adanya kotoran, debu, dan benda lainnya yang menyumbat saluran pembuangan. Debu yang menumpuk akan mengakibatkan air yang keluar mencari lubang atau jalur lainnya dalam AC untuk keluar. Hal tersebutlah yang menyebabkan kebocoran AC karena air keluar melewati jalur yang tidak normal.

Debu yang lama-kelamaan menumpuk akan memunculkan pertumbuhan jamur sangat berbahaya apabila tidak segera dibersihkan. Hal ini karena jamur yang tumbuh dapat menyebabkan udara yang dihasilkan oleh AC yang menjadikan udara di ruangan menjadi kurang sehat dan tidak bersih.

Cara mengatasinya tentu saja yaitu dengan rutin melakukan serviceĀ  atau maintenance pada AC setidaknya 6 bulan sekali untuk membersihkan debu dan kotoran-kotoran yang terdapat di dalam unit.

Baca Juga: Cara Menggunakan Stavolt yang Benar

Sumber: https://www.hargaac.co.id

5. Air Menetes di Celah Tersembunyi

Kebocoran AC dapat juga di diakibatkan karena air yang tiba-tiba keluar dari celah tersembunyi. Celah tersebut biasanya akan nampak ketika diperiksa menggunakan senter karena ukurannya yang cukup kecil.

Cara mengatasinya yaitu dengan mengikuti sumber tetesan air untuk mencari tahu lubang tempat air keluar untuk diperbaiki. Pakailah jasa profesional yang mempunyai keahlian khusus untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan Tensi Manual