Cara Menghilangkan Kelilipan di Mata

cara menghilangkan kelilipan di mata

cara menghilangkan kelilipan di mata

Cara Menghilangkan Kelilipan di Mata – Terdapat beragam cara untuk mengatasi kelilipan di mata, mulai dari menarik kelopak mata, meneteskan air bersih ke mata, hingga menggunakan alat khusus. Salah satu yang tidak boleh Anda lakukan yaitu, mengucek mata.

Mengucek mata hanya akan menyebabkan permukaan bola mata Anda menjadi tergores atau teriritasi lebih lanjut. Apalagi jika tangan Anda untuk mengucek mata dalam keadaan tidak bersih. Hal tersebut justru akan menyebabkan kelilipan di mata semakin memburuk.

Sebelum Anda melakukan beragam cara untuk mengatasi kelilipan, Anda harus memastikan tangan yang akan digunakan telah dicuci bersih dengan sabun untuk mencegah infeksi lanjutan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan kelilipan di mata yang tepat dan aman? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah agungkate.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Menghilangkan Kelilipan di Mata yang Bisa Anda Coba…

cara menghilangkan kelilipan di mata

Sumber: https://pakdok.com

1. Jangan Mengucek Mata

Ketika terdapat benda asing yang masuk ke mata, maka insting pertama yang biasanya dilakukan yaitu mengucek mata. Tetapi, hal tersebut sebenarnya tidak dianjurkan.

Hal ini dikarenakan tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling bayak bersentuhan dengan kuman dan bakteri. Selain itu, mengucek mata juga dapat membuat bola mata tergores lebih jauh dan mengakibatkan abrasi kornea.

Kalaupun Anda ingin mengeluarkan sesuatu dari mata, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan Anda sudah bersih dan lakukan langkah tersebut dengan lembut dan sangat berhati-hati.

Baca Juga: Cara Menggunakan Tensi Manual

2. Menarik Kelopak Mata

Jika benda yang mengganjal menempel di kelopak mata bagian atas, Anda dapat mengeluarkannya dengan menarik kelopak mata ke arah bawah, kemudian melepasnya perlahan.

Ketika kelopak mata sudah kembali ke posisinya semula, benda yang menyebabkan kelilipan akan terdorong ke luar dan mata pun dapat kembali terasa nyaman.

3. Menggunakan Kapas Basah

Anda juga dapat memanfaatkan kapas basah untuk mengambil benda yang mengakibatkan mata terasa mengganjal. Biasanya, cara ini dilakukan jika benda tersebut menempel di kelopak mata bagian bawah. Caranya yaitu tarik perlahan kelopak mata bagian bawah sampai terlihat bagian dalamnya yang berwarna merah muda.

Setelah itu, dengan tangan yang sudah dicuci bersih, Anda dapat menempelkan gulungan kapas kecil yang telah dicelupkan ke air bersih pada benda asing di area mata. Anda perlu berhati-hati, jangan sampai kapas mengenai bola mata.

Sumber: https://www.merdeka.com

4. Mengaliri Mata dengan Air Bersih

Langkah mengatasi kelilipan lainnya yang dapat Anda coba sendiri di rumah yaitu memercikkan atau mengaliri mata dengan air bersih.

Aliran air bersih yang sampai ke mata akan mendorong debu, bulu mata, atau benda-benda lain yang menyebabkan mata terasa mengganjal, sehingga dapat keluar dari permukaan bola mata.

Pilihan lainnya yaitu dengan mandi di bawah kucuran shower air bersih, yang juga dapat membantu menghilangkan kelilipan di mata.

Baca Juga: Cara Memakai Cuka Apel untuk Jerawat

5. Mengedipkan Mata

Mengedipkan mata dapat membantu menambah produksi air mata. Dengan adanya air mata, benda-benda kecil seperti serpihan make up, debu, sampai bulu mata yang rontok akan lebih mudah keluar.

Namun perlu diingat, sebaiknya cara ini hanya dilakukan jika penyebab mata Anda kelilipan yaitu benda-benda kecil yang tidak berbahaya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika benda yang menjadi penyebab kelilipan ukurannya cukup besar dan tajam, mungkin cara ini bukan pilihan yang terbaik.

cara menghilangkan kelilipan di mata

Sumber: https://www.alodokter.com

Kapan Mata Anda Harus Diperiksakan ke Dokter?

Kelilipan memang bukanlah keadaan yang berbahaya. Tetapi, Anda juga perlu mengetahui bahwa mata merupakan organ yang rapuh dan sensitif. Segeralah periksa keadaan mata kelilipan Anda ke dokter jika kondisi-kondisi ini terjadi.

  1. Hal yang menyebabkan kelilipan yaitu bahan kimia berbahaya.
  2. Benda yang menyebabkan kelilipan berujung tajam dan menusuk bola mata.
  3. Jika terdapat benda yang tertanam di bola mata, jangan berusaha untuk mengeluarkannya sendiri.
  4. Benda yang menyebabkan kelilipan tidak juga keluar dari mata walau sudah mencoba berbagai cara.
  5. Keluar darah dari mata.
  6. Mata tidak dapat menutup.
  7. Penglihatan menjadi terganggu
  8. Mata tidak kunjung terasa membaik walau penyebab kelilipan telah berhasil dikeluarkan.

Dokter akan membantu mencari tahu penyebab kelilipan dan mengeluarkannya memakai metode tertentu. Berikutnya, dokter juga bisa meresepkan obat tetes mata atau salep mata antibiotik untuk menghindari infeksi lanjutan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Getah Pisang di Baju