Cara Membuat AC Dingin Kembali

cara membuat ac dingin kembali

cara membuat ac dingin kembali

Cara Membuat AC Dingin Kembali AC (Air Conditioner) merupakan alat elektronik yang berguna untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman. AC memakai sistem pengaturan suhu dengan dibekali remote AC yang telah tersedia pada paket penjualan saat membeli AC tersebut.

Biasanya, AC yang telah lama digunakan akan menurun tingkat dinginnya. Oleh karena itu, untuk menghasilkan suhu dingin yang optimal, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, khususnya dalam mengatur suhu AC dengan memanfaatkan remote.

Lalu bagaimana cara membuat AC dingin kembali? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah agungkate.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Membuat AC Dingin Kembali yang Perlu Anda Ketahui!

cara membuat ac dingin kembali

Sumber: https://oinstalador.com

1. Tentukan Suhu Standar AC yang Tepat

Cara untuk mengatur suhu AC yang pertama yaitu dengan menentukan suhu standar yang paling tepat untuk ruangan Anda. Sesuaikan suhu tersebut dengan keadaan suhu di luar ruangan. Umumnya, suhu standar AC yaitu sekitar 22-25 derajat Celsius (°C) .

cara membuat ac dingin kembali

Sumber: https://catracalivre.com.br

2. Turunkan Suhu AC Secara Bertahap

Apabila dirasa suhu AC kurang optimal, Anda dapat menurunkan suhu tersebut secara bertahap hingga menemukan suhu yang tepat. Turunkan satu derajat lebih rendah sampai mencapai suhu yang tepat.

Baca Juga: Mengapa AC Tidak Dingin?

Sumber: https://www.ayosemarang.com

3. Pastikan AC Dalam Mode Cool

Selanjutnya, pastikan AC milik Anda telah dalam mode cool. Sebab, mode ini memungkinkan AC bekerja untuk mendinginkan ruangan lebih optimal. Biasanya, mode yang ditandai tulisan cool atau dengan simbol “❆” ini dapat menjadikan suhu dalam ruangan menjadi lebih sejuk dengan cepat.

Baca Juga: Cara Mengatur Suhu AC agar Hemat Listrik

Sumber: https://www.tokopedia.com

4. Atur Perputaran Kipas Menjadi Maksimal

Cara mengatur suhu AC selanjutnya yaitu dengan mengoptimalkan perputaran kipas AC. Perputaran kipas AC yang diatur pada tingkat tertinggi akan membuat udara dingin lebih cepat merata ke seluruh ruangan.

Namun, Anda perlu memperhatikan arah semburan angin yang dihasilkan oleh AC supaya tidak mengenai tubuh yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: Apakah AC Boleh Nyala 24 Jam?

Sumber: https://www.orami.co.id

5. Gunakan Mode Swing pada AC

Terdapat bagian kisi pada unit indoor AC yang berfungsi untuk mengatur arah semburan angin AC. Nah, Anda dapat mengoptimalkan suhu ruangan dengan memanfaatkan kisi AC ini, yaitu dengan cara memakai mode swing yang tersedia pada remote AC.

Mode swing berfungsi untuk menggerakan kisi AC naik dan turun secara terus menerus, sehingga suhu ruangan menjadi cepat dingin dan hembusan angin AC lebih merata.

Baca Juga: Merk AC yang Bagus untuk Bayi

Sumber: https://www.kompas.com

6. Jangan Paksa AC Bekerja Lebih Keras

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan pengguna AC yaitu memaksakan perangkat AC mencapai suhu yang tidak ideal saat kondisi cuaca sedang panas. Contohnya, suhu pada siang hari begitu panas yaitu lebih dari 30 °C, namun Anda tetap memaksakan AC dengan mengatur suhu di angka 18 °C.

Hal tersebut hanya akan menyebabkan AC bekerja lebih keras, sedangkan suhu yang dapat diberikan sebenarnya tidak akan mencapai serendah itu. Jadi, ketika cuaca sedang panas, khususnya di siang hari, sebisa mungkin jangan setting suhu AC di bawah 20 °C. Sebaiknya Anda mengatur suhunya di angka sekitar 24-25 °C.

Nah, itulah beberapa cara membuat AC dingin kembali dan dapat sejuk maksimal. Selain cara di atas, terdapat cara lain untuk membuat ruangan Anda menjadi dingin lebih optimal, yaitu dengan cara menentukan AC dengan besar PK yang sesuai dengan luas ruangan.

Baca Juga: Kenapa AC Mengeluarkan Air?