Apakah AC Boleh Nyala 24 Jam?

apakah ac boleh nyala 24 jam

apakah ac boleh nyala 24 jam

Apakah AC Boleh Nyala 24 Jam? – Air conditioner (AC) atau pendingin udara, dapat menjadi salah satu pilihan perangkat elektronik untuk memberikan kesejukan pada sebuah ruangan perkantoran atau di dalam rumah.

Dalam pemakaiannya, bukan tidak mungkin jika sebuah AC dapat dinyalakan 24 jam oleh seseorang demi memberikan kesejukan ruangan dan terhindar dari rasa gerah. Namun, dalam hal ini menimbulkan sebuah pertanyaan, apakah AC boleh nyala 24 jam? Amankah?

Apakah AC Boleh Nyala 24 Jam?

Dirangkum dari berbagai sumber, sebaiknya Anda tidak pernah menyalakan AC 24 jam terus menerus tanpa henti. Sebab, hal tersebut dapat membebani AC dan membuang banyak energi. Mungkin terasa biasa saja ketika membiarkan AC bekerja penuh sepanjang hari tanpa henti. Namun, hal tersebut justru akan menghabiskan cukup banyak listrik.

Semakin sering AC bekerja ketika dinyalakan terus menerus, maka semakin besar pula kemungkinan komponen AC yang bergerak menjadi aus. Oleh sebab itu, membiarkan AC terus menerus menyala tanpa henti merupakan sebuah hal yang tidak baik untuk dilakukan. Meskipun Anda merasa itu adalah cara untuk menghemat listrik.

Maka dari itu, Anda harus memberi waktu beristirahat bagi AC dengan mematikannya beberapa jam atau semalaman penuh. Mematikan AC semalaman merupakan ide yang bagus, sebab tubuh seseorang bisa mentolerir suhu yang lebih tinggi ketika tidur daripada saat bangun.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Mati

apakah ac boleh nyala 24 jam

Sumber: https://noufco.com

Tidak hanya itu, membiarkan AC dalam kondisi mati ketika suhu turun, akan membantu mencegah terjadinya pembekuan di pagi hari. Apabila seseorang merasa suhu udara semakin panas akibat pemanasan global, secara tidak sadar itu merupakan kesalahan yang disebabkan oleh mereka sendiri.

Pemakaian AC juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global dikarenakan menipisnya lapisan ozon. Oleh sebab itu, beberapa kelompok pecinta lingkungan lebih menganjurkan pemakaian kipas sebagai penyejuk di rumah.

Kipas angin memakai energi yang jauh lebih sedikit dibandingkan AC dan akan tetap menjadikan rumah Anda tetap sejuk dan nyaman. Selain tidak baik untuk keadaan AC itu sendiri, menyalakan AC selama 24 jam tanpa henti juga berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang.

Perlu Anda ketahui, bahwa menghabiskan waktu lebih dari 4 jam di ruangan ber-AC bisa mengembangkan infeksi sinus. Hal ini dikarenakan, udara dingin dapat menyebabkan pengerasan pada kelenjar lendir.

Tidak hanya itu, seseorang yang berada di dekat AC terus menerus juga menyebabkan mereka mudah lelah, mengalami mata kering, kulit kering, sesak napas, hingga sistem kekebalan imun yang menurun. Berdasarkan banyaknya risiko yang diberikan, maka jangan pernah menyalakan AC di rumah Anda terus menerus tanpa henti, ya.

Baca Juga: Kenapa AC Mengeluarkan Air?